SEKRETARIS DINAS

  • Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dipimpin oleh seorang sekretaris yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, mengendalikan mengevaluasi dan melaporkan urusan umum, keuangan, dan perencanaan, evaluasi dan pelaporan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sekretaris mempunyai fungsi :
  1. perencanaan operasional urusan umum, keuangan serta pengelolaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  2. pengelolaan urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  3. pengendalian, evaluasi dan pelaporan urusan umum, keuangan serta pengelolaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  4. pengkoordinasian urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan; dan
  5. pelaksanan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Dalam menyelenggarakan fungsinya sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Sekretaris mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  1. merencanakan operasional ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kehumasan, dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan, dan keperluan alat tulis, ruang perkantoran, perencanaan, evaluasi dan pelaporan sebagaimana pedoman pelaksanaan tugas;
  2. menyusun dan melaksankan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam rangka kelancaran tugas;
  3. menghimpun bahan-bahan RPJPD dan RPJMD Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebagai bahan penyusunan RPJPD dan RPJMD kabupaten;
  4. menghimpun bahan-bahan LPPD tahunan dan LPPD akhir masa jabatan Bupati Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebagai bahan penyusunan LPPD tahunan dan LPPD Akhir masa jabatan Bupati;
  5. menghimpun bahan-bahan LKPJ tahunan dan LKPJ akhir masa jabatan Bupati pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan;
  6. menyusun laporan akuntabilitas kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebagai pertanggungjawaban kepada Bupati;
  7. mengelola dan menganalisa ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kehumasan, dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan, dan keperluan alat tulis, ruang perkantoran, perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  8. mengendalikan dan mengevaluasi ketatausahaan kepegawaian, keuangan, kehumasan, dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan, dan keperluan alat tulis, ruang perkantoran, perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  9. melaksanakan tugas-tugas yang dilimpahkan pengguna anggaran pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan;
  10. mengkoordinasikan laporan-laporan kegiatan, keuangan secara bulanan, triwulan, tahunan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan;
  11. menyelia bendahara penerima/ bendahara penerima pembantu dan bendahara pengeluaran/ bendahara pengeluaran pembantu;
  12. mengkoordinasikan pengamanan dan pemeliharaan barang milik daerah yang berada dalam penguasaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan;
  13. mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan administrasi umum, keuangan serta perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  14. memberikan saran dan pertimbangan teknis administrasi umum, keuangan serta perencanaan, evaluasi dan pelaporan kepada atasan;
  15. membagi tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. membimbing atau memberikan petunjuk terhadap pembagian tugas kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  17. menilai hasil kerja bawahan secara berjenjang untuk bahan pengembangan karier;
  18. melaporkan hasil pelaksanaa tugas dan/ atau kegiatan kepada atasan;dan
  19. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.