SEKSI RETENSI DAN PENGHAPUSAN ARSIP

  • Seksi Retensi dan Pemusnahan Arsip dipimpin oleh seseorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Per;indungan dan Penyelamatan Arsip yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengawasi urusan ¬†Retensi dan Pemusnahan Arsip.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Retensi dan Pemusnahan Arsip mempunyai fungsi :
  1. Perencanaan kegiatan urusan Retensi dan Pemusnahan Arsip;
  2. Pelaksanaan urusan Retensi dan Pemusnahan Arsip;
  3. Pembagian pelaksanaan tugas urusan Retensi dan Pemusnahan Arsip;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Dalam menyelenggarakan fungsinya sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Seksi Retensi dan Pemusnahan Arsip mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran seksi penyelamatan dan pelestarian Arsip;
  2. Menyusun bahan rencana strategis (RENSTRA) dan rencana kerja (RENJA) urusan penyelamatan dan pelestarian Arsip;
  3. Mengumpulkan bahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dalam bidang Kearsipan sebagai bahan penyusunan RPJPD, RPJMD, RKPD;
  4. Membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA) untuk pelaksanaan kegiatan urusan Retensi dan Pemusnahan Arsip;
  5. Mengumpulkan bahan-bahan LPPD tahunan dan LPPD akhir masa jabatan Bupati dalam pelaksanaan kegiatan urusan kearsipan sebagai bahan penyusunan LPPD tahunan dan LPPD akhir masa jabatan Bupati;
  6. Mengumpilkan bahan-bahan LKPJ tahunan dan LKPJ akhir masa jabatan Bupati atas pelaksanaan kegiatan urusan karsipan;
  7. Melaksanakan Retensi dan Pemusnahan Arsip kearsipan daerah;
  8. Menyelenggarakan penarikan, pemilahan dan penyusutan arsip inaktif;
  9. Menyelenggarakan penyiangan dan penyusunan arsip statis;
  10. Melaksanakan penataan arsip statis;
  11. Menyelenggarakan akuisisi kearsipan di lingkungan Kabupaten sesuai dengan kebijakan nasional;
  12. Melaksanakan pengelolaan arsip statis perangkat daerah Kabupaten,badan usaha milik daerah Kabupaten, perusahaan swasta dan perorangan berskala kabupaten;
  13. Melaksanakan penyelamatan arsip vital dilingkungan Pemerintah Kabupaten,Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten, Kecamatan dan Desa Kelurahan;
  14. Melaksanakan penyelamatan arsip dinamis aktif, dinamis in aktif dan statis di lingkungan Kabupaten sesuai kebijakan nasional;
  15. Melaksanakan restorasi dan reservasi arsip di lingkungan Kabupaten sesuai kebijakan nasional;
  16. Menyelenggarakan fumigasi arsip di lingkungan kabupaten sesuai kebijakan nasional;
  17. Membuat sistem penggunaan gedung arsip bebas gangguan hama melalui security control di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dan dilingkungan Pemerintah Kabupaten sesuai kebijakan provinsi/nasional;
  18. Melaksanaan pengadaan kebutuhan ruang proses dan penyimpanan arsip dinamis aktif/in aktif dan statis sesuai standar kebijakan nasional;
  19. Menghimpun bahan-bahan perencanaan kegiatan, evaluasi dan laporan hasil kegiatan;
  20. Menghimpun, mengolah dan menganalisa data serta penyajian data statistik hasil kegiatan;
  21. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  22. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  23. Memberikan saran danpertimbangan teknis kepada atasan;
  24. Membagi tugas kepada bawahan agar melaksanakan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  25. Memberipetunjuk kepada bawahan agar pelaksanan tugas dapat berjalan lancar sesuai ketentuan yang berlaku;
  26. Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevalusai hasil kerjanya untuk bahan pengembngan karir; dan
  27. Melaksanakan tugas lain sesuai perintah atasan.