KEPALA SEKSI PENATAUSAHAAN KEARSIPAN

  • Seksi penatausahaan kearsipan dipimpin oleh seseorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengawasi urusan  penatausahaan kearsipan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala penatausahaan kearsipan mempunyai fungsi :
  1. Perencanaan kegiatan urusan penatausahaan kearsipan;
  2. Pelaksanaan urusan penatausahaan kearsipan;
  3. Pembagian pelaksanaan tugas urusan penatausahaan kearsipan;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Dalam menyelenggarakan fungsinya sebagaimana dimaksud pada ayat (2), penatausahaan kearsipan mempunyai uraian tugas  sebagai berikut :
  1. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran seksi penatausahaan kearsipan;
  2. Menyusun bahan rencana strategis (RENSTRA) dan rencana kerja (RENJA) urusan penatausahaan kearsipan;
  3. Mengumpulkan bahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dalam bidang Kearsipan sebagai bahan penyusunan RPJPD, RPJMD, RKPD;
  4. Membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA) untuk pelaksanaan kegiatan urusan penatausahaan kearsipan;
  5. Mengumpulkan bahan-bahan LPPD tahunan dan LPPD akhir masa jabatan Bupati dalam pelaksanaan kegiatan urusan kearsipan sebagai bahan penyusunan LPPD tahunan dan LPPD akhir masa jabatan Bupati;
  6. Mengumpulkan bahan-bahan LKPJ tahunan dan LKPJ akhir masa jabatan Bupati atas pelaksanaan kegiatan urusan karsipan;
  7. Menginventarisasi permasalahan Penatausahaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan;
  8. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas ;
  9. Menyusun bahan penetapan norma, standar dan pedoman penyelenggaraan kearsipan di lingkungan kabupaten berdasarkan kebijakan Kearsipan ;
  10. Menyiapkan bahan penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan kearsipan di lingkungan kabupaten sesuai dengan Kebijakan Nasional ;
  11. Menyiapkan bahan penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan kearsipan statis di lingkungan kabupaten sesuai dengan Kebijakan Nasional ;
  12. Melaksanakan fasilitasi dan mengadakan dukungan sarana dan prasarana kearsipan di kabupaten sesuai dengan kebijakan nasional ;
  13. Menyiapkan bahan koordinasi dan konsultasi kearsipan di lingkungan kabupaten, provinsi dan pusat sesuai dengan kebijakan nasional;
  14. Melaksanakan penelusuran arsip bernilai sejarah;
  15. Penilaian Dupak Jafung Arsiparis ;
  16. Pemantauan dan  Pengawasan  Pengelolaan Arsip Dinamis In Aktif dan Statis ;
  17. Melakukan Alih Media Arsip / Digitalisasi Arsip, Arsip Tektual dan Arsip Media Masa ;
  18. Melaksanakan dan meyusun unjuk citra ( Display Pameran Kearsipan ) ;
  19. Membuat Inventaris Arsip ;
  20. Melakukan penelahaan konsep / rancangan JRA ;
  21. Melakukan dan menyusun Apresiasi Kearsipan :
  22. Melaksanakan penelahaan hasanah arsip ;
  23. Kompetensi Jabatan Funsional Arsiparis ;
  24. Melaksanakan penilaian penyelenggaraan kearsipan di Majalengka ;
  25. Melaksanakan penataan arsip statis ;
  26. Menyusun bahan laporan akuntabilitasi kinerja ;
  27. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan ;
  28. Membagi tugas kepada bawahan agar pelakasanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku ;
  29. Memberi petunjuk bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan petunjuk yang berlaku ;
  30. Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karir ; dan
  31. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.